Perusahaan Digital dan Kemajuan Teknologi


MAKALAH
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
“Perusahaan Digital dan Kemajuan Teknologi”

Dosen Pengampu :
Saifuddin Zuhri,S.Sos,M.Si


Disusun Oleh :
FITRIA PRAMANA SARI
(16.31676)



KATA PENGANTAR


Syukur Alhamdulillah, kami panjatkan kehadirat Allah SWT. Berkat rahmat dan karunia-Nya saya mampu menyelesaikan makalah yang berjudul “Perusahaan Digital dan Kemajuan Teknologi” dalam materi pembahasan mata-kuliah “Sistem Informasi Manajemen”. Tepat sesuai dengan waktu yang telah disepakati sebelumnya.
Dalam makalah ini, saya menyajikan dengan ringkas materi sistem informasi manajemen yang berkaitan dengan judul Perusahaan Digital dan Kemajuan Teknologi. Dengan penyajian materi yang ringkas, saya harapkan agar para pembaca dapat dimudahkan dalam memahami isi materi sehingga dapat direalisasikan dalam kehidupan berbisnis dan juga dapat digunakan sebagai bahan acuan untuk pembuatan makalah kedepannya.
Namun demikian penulis sangat menyadari sesempurna apapun seseorang dalam melakukan sesuatu tidak jarang kekhilafan menjadi pendampingnya. oleh karena itu, penulis sangat terbuka dalam menerima kritik dan saran untuk penyempurnaan makalah ini.
Penulis sangat berterimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyelesaian makalah ini. Semoga makalah ini dapat memberi manfaat positif bagi para pembaca.

Surakarta, 04 Mei 2017









DAFTRAR ISI

KATA PENGANTAR ...................................................................................... i
DAFTAR ISI ...................................................................................................... ii

Bab I Pendahuluan
1.1.Latar Belakang ...................................................................................
1.2.Rumusan Masalah ...............................................................................
1.3.Tujuan Penulisan .................................................................................
Bab II Pembahasan
2.1.Perusahaan Digital Dan Pengembangan Teknologi ............................
                   Bab III Penutup
           3.1. Kesimpulan .........................................................................................
                   DAFTAR PUSTAKA ........................................................................................











BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

 Perkembangan teknologi informasi kini telah masuk dalam era digital dimana segala bentuk informasi dapat diakses dengan begitu cepat dan mudah melalui perangkat teknologi. Pemanfaatan teknologi dan informasi menyebabkan kebiasaan baru dalam segala aspek kehidupan. Dalam dunia bisnis, penerapan teknologi informasi sudah diterapkan oleh perusahaan yang berskala nasional maupun internasional, salah satunya sistem e bussines. Sistem ini adalah kegiatan bertransaksi tanpa kontak fisik antara produsen dengan konsumen. Dalam e bussines ini juga terdapat istilah lain yaitu e commerce yang pada dasarnya memiliki tujuan yang sama yakni kegiatan penjualan atau pembelian barang dan jasa melalui internet. Umumnya e commerce ini dibagi menjadi dua bagian yaitu Business-to-Business (B2B) dan Business-to-Consumer (B2C). Keduanya menggambarkan proses alami dalam pemasaran barang dan jasa. Jika produk dan jasa B2B dijual dari satu perusahaan ke perusahaan lain, produk B2C dijual dari perusahaan ke pengguna akhir.
Seiring dengan perkembangan tersebut para pelaku bisnis berlomba lomba memasarkan produk dan jasa yang dimiliki melalui situs internet dengan harapan agar informasi tentang produk yang dimiliki lebih cepat menyebar luas ke seluruh lapisan masyarakat. Pergeseran kebiasaan (trend) berbelanja melalui internet berkembang begitu pesat, perkembangan transaksi melalui internet dapat dilihat pada tabel hasil penelitian yang ditulis dalam situs.
Perkembangan teknologi semakin pesat baik di negara maju ataupun negara berkembang, termasuk Indonesia. Dalam memasuki era globalisasi sekarang ini, lembaga pendidikan mempunyai tanggung jawab mempersiapkan dan menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu menghadapi semua tantangan perubahan yang ada disekitarnya yang berjalan sangat cepat. Dengan demikian maka pelaksanaan proses belajar mengajar di lembaga pendidikan dituntut untuk menggunakan berbagai macam strategi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas belajar siswa., Penggunaan teknologi memungkinkan para pelajar meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, bahkan sikapnya terhadap lingkungan belajar. Perkembangan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Kemajuan teknologi yang sangat berpengaruh bagi mahasiswa adalah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat ini telah membawa mahasiswa ke globalisasi informasi. Penguasaan terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang serba canggih merupakan suatu perkara penting untuk dikuasai oleh mahasiswa, karena dapat menjadi dasar untuk menguasai ilmu pengetahuan lainnya di era globalisasi
1.2 RUMUSAN MASALAH

1. Apa yang dimaksud dengan perusahaan Digital?
2. Apa saja indikator dari perusahaan digital?
3. Apa saja tantangan dari perusahaan digital?
4. Apa pengertian teknologi?
5. Apa yang dimaksud dengan teknologi informasi?
6. Bagaimana sejarah tentang teknologi informasi?
7. Apa sajakah kegunaan teknologi informasi yang semakin berkembang pesat ini?
8. Apa sajakah dampak dari perkembangan teknologi informasi?

1.3 TUJUAN MAKALAH
1. Memahami mengenai perusahaan digital
2. Mengetahui indikator bahkan tantangan dari perusahaan digital.
3. Mengetahui apa yang dimaksud dengan teknologi informasi.
4. Mengetahui bagaimanakah sejarah teknologi informasi hingga berkembang pesat sampai dewasa ini.
5. Mengetahui apa sajakah kegunaan teknologi informasi yang semakin berkembang ini.
6. Mengetahui apa sajakah dampak dari perkembangan teknologi informasi.






BAB 2
PEMBAHASAN

Pengertian Perusahaan Digital :
            Perusahaan digital adalah sebuah perusahaan dimana hampir semua hubungan bisnis organisasi,penting dengan pelanggan,para penyalur,dan karyawan di mungkinkan dapat di tengahi secara digital.Proses bisnis inti perusahaan digital terpenuhi melalui jaringan digital yang memutar keseluruhan organisasi atau penguhung berbagai organisasi.
            Untuk membentuk suatu perusahaan digital tidak hanya sekedar melakukan komputerisai di bagian penjualan, pembelian,persediaan barang atau keuangan saja,karena hal itu baru sebagian kecil dari suatu rencana induk pembentukan perusahaan digital.
4 Indikator perusahaan digital (Kanneth loudon) :
-          Sistem pengelolaan rantai pasokan
melakukan otomatisasi terhadap sistem yang mengalirkan informasi dari perusahaan kepada pemasoknya dan sebaliknya.Otomatisasi itu dilakukan dalam usaha untuk mengoptimalkan perencanaan,persediaan bahan baku,produksi,pengiriman produk dan jasa.Jika aliran informasi ini berlangsung dengan lancar dan cepat,maka perusahaan tidak perlu memiliki gudang sendiri untuk menyimpan bahan baku.
-          Sistem pengelolaan relasi pelanggan
perusahaan tidak dapat menjaga kelangsungan hidupnya tanpa adanya pelanggan,maka pelanggan merupakan faktor penting yang harus dikelola dengan baik.Untuk membangun hubungan yang terintegrasi antara perusahaan dengan pelanggan,maka harus dibentuk  suatu sistem informasi yang dapat memfasilitasi komunikasi dan hubungan antara kedua belah pihak. Penyelenggaraan fasilitas chatting atau e-mail bahkan suatu sistem database untuk menampung umpan balik dari pelanggan merupakan suatu bentuk minimal yang perlu disediakan,sehingga informasi itu dapat mengalir dengan lancar.
-          Sistem perusahaan
indikator ketiga ini biasanya sudah lebih dahulu di bangun oleh perusahaan,misalnya dengan membuat aplikasi sistem informasi penjualan,pembelian,persediaan barang,keuangan dan akutansi.
-          Management pengetahuan
indikator keempat merupakan puncak dari gelombang inovasi teknologi informasi dalam suatu perusahaan digital,yaitu dengan membangun sistem yang mendukung untuk menciptakan kreasi solusi,mencatat,menyimpan dan menyebarkan pengetahuan dan keahlian. Salah satu bentuk sistem ini sering disebut dengan istilah sistem pendukung keputusan (SPK) dan sistem pakar.
2. Tantangan perusahaan digital
-          Penciptaan strategi bisnis
-          Gelombang globalisasi (standar globalisasi mengenai produk,system perusahaan )
-          Perancangan infrastruktur dan arsitektur informasi di dalam perusahaan (pengembangan system)
-          Kontrol dan respon
- Teknologi adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia dalam menyelesaikan masalahnya. Sebagai aktivitas manusia, teknologi mulai sebelum sains dan teknik.
- Pengertian Teknologi Informasi Menurut Puskur Diknas Indonesia, teknologi informasi adalah meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.
- Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi Manusia sebagai mahluk sosial, membutuhkan komunikasi diantara sesamanya dan itu merupakan kebutuhan yang utama agar dapat melakukan interaksi dengan baik. Perkembangan peradaban manusia diiringi dengan perkembangan cara penyampaian informasi. Mulai dari gambar-gambar yang tak bermakna di dinding-dinding gua, peletakkan tonggak sejarah dalam bentuk prasasti sampai diperkenalkannya dunia arus informasi yang kemudian dikenal dengan nama internet. Sejarah perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi telah mengalami banyak perkembang dengan cepat dari masa ke masa. Berikut ini adalah sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi manusia :
 • Masa Pra-Sejarah (…s/d 3000 SM) Pada awalnya Teknologi Informasi yang dikembangkan manusia pada masa ini berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang mereka kenal, mereka menggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada dinding-dinding gua, tentang berburu dan binatang buruannya. Pada masa ini mereka mulai melakukan pengidentifikasian benda-benda yang ada disekitar lingkungan mereka tinggal dan mewakilinya dengan bentuk-bentuk yang kemudian mereka lukis pada dinding gua tempat mereka tinggal, karena kemampuan mereka dalam berbahasa hanya berkisar pada bentuk suara dengusan dan isyarat tangan sebagai bentuk awal komunikasi mereka pada masa ini. Perkembangan selanjutnya adalah diciptakan dan digunakannya alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya.
 • Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M) Pada masa ini teknologi informasi belum menjadi teknologi masal seperti yang kita kenal sekarang ini, teknologi informasi masih digunakan oleh kalangan-kalangan terbatas saja, digunakan pada saat-saat khusus, dan mahal. Ø 3000 SM. Untuk yang pertama kali tulisan digunakan oleh bangsa sumeria dengan menggunakan simbol-simbol yang dibentuk dari pictograf sebagai huruf. Simbol atau huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi yang berbeda (penyebutan), sehingga mampu menjadi kata, kalimat dan bahasa. Ø 2900 SM. Penggunakan Huruf Hierogliph pada bangsa Mesir Kuno. Hierogliph merupakan bahasa simbol dimana setiap ungkapan di wakili oleh simbol yang berbeda, yang ketifka digabungkan menjadi satu akan mempunyai cara pengucapan dan arti yang berbeda, bentuk tulisan dan bahasa hierogliph ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria. Ø 500 SM. Serat Papyrus digunakan sebagai kertas. Kertas yang terbuat dari serat pohon papyrus yang tumbuh disekitar sungai nil ini menjadi media menulis/media informasi yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya digunakan sebagai media informasi. Ø 105 M. Bangsa Cina menemukan kertas. Kertas yang ditemukan oleh bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kita kenal sekarang, kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring,dicuci kemudian diratakan dan dikeringkan, penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta atau yang kita kenal sekarang dengan “sistem cap”.
 • Masa Modern ( 1400-an M s/d sekarang ) Ø Tahun 1455. Mesin Cetak yang menggunakan plat huruf yang tebuat dari besi yang bisa diganti-ganti dalam bingkai yang tebuat dari kayu dikembangkan untuk yang pertama kalinya oleh Johann Gutenberg. Ø Tahun 1830. Augusta Lady Byron Menulis program komputer yang pertama didunia berkerjasama dengan Charles Babbage menggunakan mesin Analytical-nya. Yang didesain mampu memasukan data, mengolah data dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital, 94 tahun sebelum komputer digital pertama ENIAC I dibentuk. Ø Tahun 1837. Samuel Morse mengembangkan Telegraph dan bahasa kode Morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone yang dikirim secara elektronik antara 2 tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat tersebut. Pengiriman dan Penerimaan Informasi ini mampu dikirim dan diterima pada saat yang hampir bersamaan waktunya. Penemuan ini memungkinkan informasi dapat diterima dan dipergunakan secara luas oleh masyarakat tanpa dirintangi oleh jarak dan waktu. Ø Tahun 1861. Gambar bergerak yang peroyeksikan kedalam sebuah layar pertama kali di gunakan sebagai cikal bakal film sekarang. Ø Tahun 1876. Melvyl Dewey mengembangkan sitem penulisan Desimal. Ø Tahun 1877. a. Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan Telepon yang digunakan pertama kali secara umum. b. Fotografi dengan kecepatan tinggi ditemukan oleh Edweard Maybridge. Ø Tahun 1899. Dipergunakan sistem penyimpanan dalam Tape (pita) Magnetis yang pertama. Ø Tahun 1923. Zvorkyn menciptakan tabung TV yang pertama. Ø Tahun 1940. Dimulainya pengembangan Ilmu Pengetahuan dalam bidang Informasi pada masa Perang Dunia 2 yang dipergunakan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape. Ø Tahun 1945. Vannevar Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan Hypertext. Ø Tahun 1946. Komputer digital pertama didunia ENIAC I dikembangkan. Ø Tahun 1948. Para peneliti di Bell Telephone mengembangkan Transistor. Ø Tahun 1950’an. a. Jean Hoerni mengembangkan transistor Planar. Teknologi ini memungkinkan pengembangan jutaan bahkan milyaran transistor dimasukan kedalam sebuah keping kecil kristal silikon. b. USSR (Rusia pada saat itu) meluncurkan sputnik sebagai satelit bumi buatan yang pertama yang bertugas sebagai mata-mata. Sebagai balasannya Amerika membentuk Advance Research Projects Agency (ARPA) dibawah kewenangan Departemen Pertahanan Amerika untuk mengembangkan ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi dalam bidang Militer. Ø Tahun 1962. Rand Paul Barand, dari perusahaan RAND, ditugaskan untuk mengembangkan suatu sistem jaringan desentralisasi yang mampu mengendalikan sistem pemboman dan peluncuran peluru kendali dalam perang Nuklir. Ø Tahun 1969. Sistem jaringan yang pertama dibentuk dengan menghubungkan 4 nodes (titik), antara University of California, SRI (Stanford), University California of Santa Barbara, dan University of Utah.dengan kekuatan 50Kbps. Ø Tahun 1972. Ray Tomlinson menciptakan program e-mail yang pertama. Ø Tahun 1973 – 1990. Istilah INTERNET diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian difkenal dengan nama TCP/IP yang dikembangkan oleh grup dari DARPA, 1981 National Science Foundation mengembangkan Backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan. kemudian pada tahun 1986 IETF mengembangkan sebuah Server yang berfungsi sebagai alat koordinasi diantara; DARPA, ARPANET, DDN dan Internet Gateway. Ø Tahun 1991- Sekarang. Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN dalam menanggulangi biaya operasionalnya memungut bayaran dari para anggotanya. 1992 pembentukan komunitas Internet, dan diperkenalkannya istilah World Wide Web oleh CERN. 1993, NSF membentuk InterNIC untuk menyediakan jasa pelayanan Internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T), Jasa Registrasi (oleh Network Solution Inc,), dan jasa Informasi (oleh General Atomics/CERFnet),1994 pertumbuhan Internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah kedalam segala segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. 1995, Perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di Backbone, langkah ini memulai pengembangan Teknologi Informasi khususnya Internet dan penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.
- Kegunaan Teknologi Informasi Dalam pengembangan teknologi hardware cenderung mengupayakan ukuran yang semakin kecil dengan kapasitas kualitas tinggi namun harganya diusahakan relatif semakin murah. Perkembangan yang semakin membaik ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja produktivitas suatu individu atau kelompok yaitu dengan pelaksanaannya yang cepat, tepat, akurat, dan efisien. Dari pekembangan teknologi sampai saat ini telah memunculkan berbagai jenis kegitaan di banyak bidang yang berbasis pada teknologi elektronika, seperti pada bidang pendidikan (e-education), bidang pemerintahan (e-government), perbankan (e-banking), komersil (e-commerce), kesehatan (e-medicine), dan masih banyak lagi. Manfaat perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan (e-education)
1. Teknologi berfungsi sebagai alat (tools) Dalam hal ini teknologi informasi digunakan sebagai alat bantu bagi pengguna (user) atau siswa untuk membantu pembelajaran, misalnya dalam mengolah kata, mengolah angka, membuat unsur grafis, membuat database, membuat program administratif untuk siswa, guru dan staf, data kepegawaian, keuangan dan sebagainya.
2. Teknologi berfungsi sebagai ilmu pengetahuan (science) Dalam hal ini teknologi sebagai bagian dari disiplin ilmu yang harus dikuasai oleh siswa. Misalnya teknologi komputer dipelajari oleh beberapa jurusan di perguruan tinggi seperti informatika, manajemen informasi, dan ilmu komputer.
3. Teknologi berfungsi sebagai bahan dan alat bantu untuk pembelajaran (literacy) Dalam hal ini teknologi dimaknai sebagai bahan pembelajaran sekaligus sebagai alat bantu untuk menguasai sebuah kompetensi berbantuan komputer. Dalam hal ini komputer telah diprogram sedemikian rupa sehingga siswa dibimbing secara bertahap dengan menggunakan prinsip pembelajaran tuntas untuk menguasai kompetensi. dalam hal ini posisi teknologi tidak ubahnya sebagai guru yang berfungsi sebagai : fasilitator, motivator, transmiter, dan evaluator.
 Manfaat perkembangan teknologi informasi dalam bidang pemerintahan (e-goverment)
1. Pelayanan servis yang lebih baik kepada masyarakat Informasi dapat disediakan 24 jam tanpa harus menunggu dibukanya kantor. Informasi dapat dicari dari kantor, rumah, tanpa harus secara fisik datang ke kantor pemerintahan.
2. Peningkatan hubungan antara pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum Adanya keterbukaan (transparansi) maka diharapkan hubungan antara berbagai pihak menjadi lebih baik. Keterbukaan ini menghilangkan saling curiga dan kekesalan dari semua pihak.
3. Pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh Dengan adanya informasi yang mencukupi, masyarakat akan belajar untuk dapat menentukan pilihannya.
4. Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien Sebagai contoh, koordinasi pemerintahan dapat dilakukan melalui e-mail atau bahkan video conference. Bagi Indonesia yang luas areanya sangat besar, hal ini sangat membantu. Tanya jawab, koordinasi, diskusi antara pimpinan daerah dapat dilakukan tanpa kesemuanya harus berada pada lokasi fisik yang sama. Tidak lagi semua harus terbang ke Jakarta untuk pertemuan yang hanya berlangsung satu atau dua jam saja.
Manfaat perkembangan teknologi informasi dalam bidang perbankan (e-banking)
1. Sarana transaksi keuangan secara online Sebagai contoh, seorang nasabah dapat menarik uang dimanapun dia berada selama masih ada layanan ATM dari bank tersebut, atau seorang nasabah dapat mengecek saldo dan mentransfer uang tersebut ke rekening yang lain hanya dalam hitungan menit saja, semua transaksi dapat dilakukan.
2. Perluasan cakupan usaha dengan membuka cabang-cabang di daerah, serta pertukaran informasi antara sesama perusahaan asuransi, broker, industri perbankan, serta lembaga pembiayaan lainnya.
- Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Teknologi informasi berkembang sangat cepat seiring dengan perkembangan zaman. Kehidupan manusia tidak luput dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Dampak perkembangan teknologi sangat signifikan, masyarakat sudah tergantung dengan teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini menyebabkan mobilitas informasi sangat cepat, kejadian dari berbagai belahan dunia bisa kita nikmati secara langsung. Tapi di sisi lain perkembangan teknologi membawa dampak yang negatif bagi masyarakat yang tidak bisa memanfaatkannya dengan baik.
§ Dampak positif teknologi informasi dan komunikasi :
a. Adanya internet membuka sumber informasi yang tadinya sulit diakses menjadi lebih mudah. Akses terhadap sumber informasi bukan menjadi masalah lagi.
b. Kemudahan dalam melakukan pengolahan data dan menyelesaikan perhitungan yang rumit.
c. Masyarakat lebih mudah memperoleh informasi dalam lingkup luas melalui media-media seperti radio, TV, internet dan lain sebagainya.
d. Perkembangan TIK mengembangkan kesempatan dan kesanggupan belajar sendiri tanpa harus memdapat bimbingan dari guru.
e. Mudah melakukan komunikasi dengan orang yang tinggal jauh.
f. Hilangnya batasan ruang dan waktu dengan adanya internet membuka peluang baru untuk melalukan pekerjaan dari jarak jauh.
g. Sebagai sarana pengenbangan bisnis, sosial, dan budaya.

§ Dampak negatif teknologi informasi dan komunikasi :
a. Penggunaan internet meningkatkan kemungkinan penyebaran virus computer.
b. Adanya program games di komputer membuat anak-anak lupa waktu karena keasyikan main, dan menjadikannya ketergantungan.
c. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang berlebihan akan membuat kecendrungan untuk menutup diri dari pergaulan (antisocial behavior).
d. Terlalu lama di depan komputer membuat cidera pada otot dan mata menjadi sakit.


















BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Manusia sebagai mahluk sosial, membutuhkan komunikasi diantara sesamanya dan itu merupakan kebutuhan yang utama agar dapat melakukan interaksi dengan baik. Perkembangan peradaban manusia diiringi dengan perkembangan cara penyampaian informasi. Mulai dari gambar-gambar yang tak bermakna di dinding-dinding gua, peletakkan tonggak sejarah dalam bentuk prasasti sampai diperkenalkannya dunia arus informasi yang kemudian dikenal dengan nama internet. Dari pekembangan teknologi sampai saat ini telah memunculkan berbagai jenis kegitaan di banyak bidang yang berbasis pada teknologi elektronika, seperti pada bidang pendidikan (e-education), bidang pemerintahan (e-government), perbankan (e-banking), komersil (e-commerce), kesehatan (e-medicine), dan masih banyak lagi. Beberapa dampak positif dan negatif dari perkembangan teknologi informasi dapat kita jadikan pertimbangan bagaimana kita harus menggunakan informasi sebaik-baiknya, terutama penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang sedang populer saat ini seperti internet, hand phone dan televisi. Saran Segala bentuk aplikasi maupun data dari perkembangan teknologi informasi yang sudah ada semuanya sangat bermanfaat bagi kita, namun beberapa orang yang tidak dapat memanfaatkan perkembangan teknologi dengan baik justru akan merugikan dirinya sendiri maupun orang lain. Jadi ada baiknya segala perkembangan ini kita sikapi dengan bijaksana, dan melakukan pengawasan untuk orang-orang di sekitar kita agar tidak menyalahgunakan perkembangan teknologi









DAFTAR PUSTAKA

Daftar Pustaka 1. http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi 2. http://itworlds.wordpress.com/2008/05/12/sejarah-teknologi-informasi/ 3. http://pusatinfoelektronik.com/6100/dampak-teknologi-informasi/ 4. http://computers-inc.blogspot.com/2012/03/dampak-teknologi-informasi.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (HRIS)