Perusahaan Digital dan Kemajuan Teknologi
SISTEM
INFORMASI MANAJEMEN
Saifuddin
Zuhri,S.Sos,M.Si
Disusun
Oleh :
FITRIA
PRAMANA SARI
(16.31676)
KATA
PENGANTAR
Syukur Alhamdulillah, kami panjatkan kehadirat Allah SWT.
Berkat rahmat dan karunia-Nya saya mampu menyelesaikan makalah yang berjudul “Perusahaan Digital dan Kemajuan Teknologi” dalam
materi pembahasan mata-kuliah “Sistem
Informasi Manajemen”. Tepat sesuai dengan waktu yang telah disepakati
sebelumnya.
Dalam makalah ini, saya menyajikan dengan ringkas materi
sistem informasi manajemen yang berkaitan dengan judul Perusahaan Digital dan
Kemajuan Teknologi. Dengan penyajian materi yang ringkas, saya harapkan agar
para pembaca dapat dimudahkan dalam memahami isi materi sehingga dapat
direalisasikan dalam kehidupan berbisnis dan juga dapat digunakan sebagai bahan
acuan untuk pembuatan makalah kedepannya.
Namun demikian penulis sangat menyadari sesempurna apapun
seseorang dalam melakukan sesuatu tidak jarang kekhilafan menjadi
pendampingnya. oleh karena itu, penulis sangat terbuka dalam menerima kritik
dan saran untuk penyempurnaan makalah ini.
Penulis sangat berterimakasih kepada pihak-pihak yang telah
membantu dalam penyelesaian makalah ini. Semoga makalah ini dapat memberi
manfaat positif bagi para pembaca.
Surakarta, 04 Mei 2017
|
DAFTRAR ISI
KATA PENGANTAR ...................................................................................... i
DAFTAR ISI ...................................................................................................... ii
Bab I Pendahuluan
1.1.Latar Belakang ...................................................................................
1.2.Rumusan Masalah ...............................................................................
1.3.Tujuan Penulisan .................................................................................
Bab II Pembahasan
2.1.Perusahaan Digital Dan
Pengembangan Teknologi ............................
Bab
III Penutup
3.1.
Kesimpulan .........................................................................................
DAFTAR PUSTAKA ........................................................................................
BAB
1
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Perkembangan teknologi
informasi kini telah masuk dalam era digital dimana segala bentuk informasi
dapat diakses dengan begitu cepat dan mudah melalui perangkat teknologi.
Pemanfaatan teknologi dan informasi menyebabkan kebiasaan baru dalam segala
aspek kehidupan. Dalam dunia bisnis, penerapan teknologi informasi sudah
diterapkan oleh perusahaan yang berskala nasional maupun internasional, salah
satunya sistem e bussines. Sistem ini adalah kegiatan bertransaksi tanpa
kontak fisik antara produsen dengan konsumen. Dalam e bussines ini juga
terdapat istilah lain yaitu e commerce yang pada dasarnya memiliki
tujuan yang sama yakni kegiatan penjualan atau pembelian barang dan jasa
melalui internet. Umumnya e commerce ini dibagi menjadi dua bagian yaitu
Business-to-Business (B2B) dan Business-to-Consumer (B2C).
Keduanya menggambarkan proses alami dalam pemasaran barang dan jasa. Jika
produk dan jasa B2B dijual dari satu perusahaan ke perusahaan lain, produk B2C
dijual dari perusahaan ke pengguna akhir.
Seiring dengan perkembangan tersebut para pelaku
bisnis berlomba lomba memasarkan produk dan jasa yang dimiliki melalui situs
internet dengan harapan agar informasi tentang produk yang dimiliki lebih cepat
menyebar luas ke seluruh lapisan masyarakat. Pergeseran kebiasaan (trend)
berbelanja melalui internet berkembang begitu pesat, perkembangan transaksi
melalui internet dapat dilihat pada tabel hasil penelitian yang ditulis dalam
situs.
Perkembangan teknologi
semakin pesat baik di negara maju ataupun negara berkembang, termasuk
Indonesia. Dalam memasuki era globalisasi sekarang ini, lembaga pendidikan
mempunyai tanggung jawab mempersiapkan dan menghasilkan sumber daya manusia
(SDM) yang mampu menghadapi semua tantangan perubahan yang ada disekitarnya
yang berjalan sangat cepat. Dengan demikian maka pelaksanaan proses belajar
mengajar di lembaga pendidikan dituntut untuk menggunakan berbagai macam
strategi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas belajar siswa., Penggunaan
teknologi memungkinkan para pelajar meningkatkan pengetahuan dan keterampilan,
bahkan sikapnya terhadap lingkungan belajar. Perkembangan teknologi adalah
sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan
teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi
diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Kemajuan
teknologi yang sangat berpengaruh bagi mahasiswa adalah Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK). Perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
yang sangat pesat ini telah membawa mahasiswa ke globalisasi informasi.
Penguasaan terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang serba
canggih merupakan suatu perkara penting untuk dikuasai oleh mahasiswa, karena
dapat menjadi dasar untuk menguasai ilmu pengetahuan lainnya di era globalisasi
1.2
RUMUSAN MASALAH
1. Apa yang dimaksud dengan perusahaan Digital?
2. Apa saja indikator dari perusahaan digital?
3. Apa saja tantangan dari perusahaan digital?
4. Apa pengertian teknologi?
5. Apa yang dimaksud dengan teknologi informasi?
6. Bagaimana sejarah tentang teknologi informasi?
7. Apa sajakah kegunaan teknologi informasi yang
semakin berkembang pesat ini?
8. Apa sajakah dampak dari perkembangan teknologi
informasi?
1.3
TUJUAN MAKALAH
1. Memahami mengenai perusahaan digital
2. Mengetahui indikator bahkan tantangan dari
perusahaan digital.
3. Mengetahui apa yang dimaksud dengan teknologi
informasi.
4. Mengetahui bagaimanakah sejarah teknologi
informasi hingga berkembang pesat sampai dewasa ini.
5. Mengetahui apa sajakah kegunaan teknologi
informasi yang semakin berkembang ini.
6. Mengetahui apa sajakah dampak dari perkembangan
teknologi informasi.
BAB
2
PEMBAHASAN
Pengertian Perusahaan Digital :
Perusahaan
digital adalah sebuah perusahaan dimana hampir semua hubungan bisnis
organisasi,penting dengan pelanggan,para penyalur,dan karyawan di mungkinkan
dapat di tengahi secara digital.Proses bisnis inti perusahaan digital terpenuhi
melalui jaringan digital yang memutar keseluruhan organisasi atau penguhung berbagai
organisasi.
Untuk
membentuk suatu perusahaan digital tidak hanya sekedar melakukan komputerisai di bagian penjualan,
pembelian,persediaan barang atau keuangan saja,karena hal itu baru sebagian
kecil dari suatu rencana induk pembentukan perusahaan digital.
4
Indikator perusahaan digital (Kanneth loudon) :
-
Sistem pengelolaan rantai pasokan
melakukan otomatisasi terhadap
sistem yang mengalirkan informasi dari perusahaan kepada pemasoknya dan
sebaliknya.Otomatisasi itu dilakukan dalam usaha untuk mengoptimalkan
perencanaan,persediaan bahan baku,produksi,pengiriman produk dan jasa.Jika
aliran informasi ini berlangsung dengan lancar dan cepat,maka perusahaan tidak
perlu memiliki gudang sendiri untuk menyimpan bahan baku.
-
Sistem pengelolaan relasi pelanggan
perusahaan tidak dapat menjaga
kelangsungan hidupnya tanpa adanya pelanggan,maka pelanggan merupakan faktor
penting yang harus dikelola dengan baik.Untuk membangun hubungan yang
terintegrasi antara perusahaan dengan pelanggan,maka harus dibentuk suatu sistem informasi yang dapat
memfasilitasi komunikasi dan hubungan antara kedua belah pihak. Penyelenggaraan
fasilitas chatting atau e-mail bahkan suatu sistem database untuk menampung
umpan balik dari pelanggan merupakan suatu bentuk minimal yang perlu disediakan,sehingga
informasi itu dapat mengalir dengan lancar.
-
Sistem perusahaan
indikator ketiga ini biasanya sudah
lebih dahulu di bangun oleh perusahaan,misalnya dengan membuat aplikasi sistem
informasi penjualan,pembelian,persediaan barang,keuangan dan akutansi.
-
Management pengetahuan
indikator keempat merupakan puncak
dari gelombang inovasi teknologi informasi dalam suatu perusahaan digital,yaitu
dengan membangun sistem yang mendukung untuk menciptakan kreasi
solusi,mencatat,menyimpan dan menyebarkan pengetahuan dan keahlian. Salah satu
bentuk sistem ini sering disebut dengan istilah sistem pendukung keputusan
(SPK) dan sistem pakar.
2. Tantangan perusahaan digital
-
Penciptaan strategi bisnis
-
Gelombang globalisasi (standar
globalisasi mengenai produk,system perusahaan )
-
Perancangan infrastruktur dan arsitektur
informasi di dalam perusahaan (pengembangan system)
-
Kontrol dan respon
- Teknologi adalah
pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong
manusia dalam menyelesaikan masalahnya. Sebagai aktivitas manusia, teknologi
mulai sebelum sains dan teknik.
- Pengertian Teknologi
Informasi Menurut Puskur Diknas Indonesia, teknologi informasi adalah meliputi
segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu,
manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi Informasi adalah suatu
teknologi yang digunakan untuk mengolah data, untuk menghasilkan informasi yang
berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu. Teknologi
ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk
menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan
kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan
diakses secara global.
- Sejarah Perkembangan
Teknologi Informasi Manusia sebagai mahluk sosial, membutuhkan komunikasi
diantara sesamanya dan itu merupakan kebutuhan yang utama agar dapat melakukan
interaksi dengan baik. Perkembangan peradaban manusia diiringi dengan
perkembangan cara penyampaian informasi. Mulai dari gambar-gambar yang tak
bermakna di dinding-dinding gua, peletakkan tonggak sejarah dalam bentuk
prasasti sampai diperkenalkannya dunia arus informasi yang kemudian dikenal
dengan nama internet. Sejarah perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
telah mengalami banyak perkembang dengan cepat dari masa ke masa. Berikut ini
adalah sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi manusia :
• Masa Pra-Sejarah (…s/d 3000 SM) Pada awalnya
Teknologi Informasi yang dikembangkan manusia pada masa ini berfungsi sebagai
sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang mereka kenal, mereka menggambarkan
informasi yang mereka dapatkan pada dinding-dinding gua, tentang berburu dan
binatang buruannya. Pada masa ini mereka mulai melakukan pengidentifikasian
benda-benda yang ada disekitar lingkungan mereka tinggal dan mewakilinya dengan
bentuk-bentuk yang kemudian mereka lukis pada dinding gua tempat mereka
tinggal, karena kemampuan mereka dalam berbahasa hanya berkisar pada bentuk
suara dengusan dan isyarat tangan sebagai bentuk awal komunikasi mereka pada
masa ini. Perkembangan selanjutnya adalah diciptakan dan digunakannya alat-alat
yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat
dari tanduk binatang, isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap
bahaya.
• Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M) Pada
masa ini teknologi informasi belum menjadi teknologi masal seperti yang kita
kenal sekarang ini, teknologi informasi masih digunakan oleh kalangan-kalangan
terbatas saja, digunakan pada saat-saat khusus, dan mahal. Ø
3000 SM. Untuk yang pertama kali tulisan digunakan oleh bangsa sumeria dengan
menggunakan simbol-simbol yang dibentuk dari pictograf sebagai huruf. Simbol
atau huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi yang berbeda (penyebutan),
sehingga mampu menjadi kata, kalimat dan bahasa. Ø 2900 SM.
Penggunakan Huruf Hierogliph pada bangsa Mesir Kuno. Hierogliph merupakan
bahasa simbol dimana setiap ungkapan di wakili oleh simbol yang berbeda, yang
ketifka digabungkan menjadi satu akan mempunyai cara pengucapan dan arti yang
berbeda, bentuk tulisan dan bahasa hierogliph ini lebih maju dibandingkan
dengan tulisan bangsa Sumeria. Ø 500 SM. Serat Papyrus digunakan sebagai
kertas. Kertas yang terbuat dari serat pohon papyrus yang tumbuh disekitar
sungai nil ini menjadi media menulis/media informasi yang lebih kuat dan
fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya digunakan
sebagai media informasi. Ø 105 M. Bangsa Cina menemukan kertas.
Kertas yang ditemukan oleh bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kita
kenal sekarang, kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan,
disaring,dicuci kemudian diratakan dan dikeringkan, penemuan ini juga
memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang
ditoreh dan dilumuri oleh tinta atau yang kita kenal sekarang dengan “sistem
cap”.
• Masa Modern ( 1400-an M s/d sekarang ) Ø
Tahun 1455. Mesin Cetak yang menggunakan plat huruf yang tebuat dari besi yang
bisa diganti-ganti dalam bingkai yang tebuat dari kayu dikembangkan untuk yang
pertama kalinya oleh Johann Gutenberg. Ø Tahun 1830.
Augusta Lady Byron Menulis program komputer yang pertama didunia berkerjasama
dengan Charles Babbage menggunakan mesin Analytical-nya. Yang didesain mampu
memasukan data, mengolah data dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah
kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama walaupun
cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital, 94 tahun
sebelum komputer digital pertama ENIAC I dibentuk. Ø
Tahun 1837. Samuel Morse mengembangkan Telegraph dan bahasa kode Morse bersama
Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone yang dikirim secara elektronik
antara 2 tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat
tersebut. Pengiriman dan Penerimaan Informasi ini mampu dikirim dan diterima
pada saat yang hampir bersamaan waktunya. Penemuan ini memungkinkan informasi
dapat diterima dan dipergunakan secara luas oleh masyarakat tanpa dirintangi
oleh jarak dan waktu. Ø Tahun 1861. Gambar bergerak yang
peroyeksikan kedalam sebuah layar pertama kali di gunakan sebagai cikal bakal
film sekarang. Ø Tahun 1876. Melvyl Dewey mengembangkan
sitem penulisan Desimal. Ø Tahun 1877. a. Alexander Graham Bell
menciptakan dan mengembangkan Telepon yang digunakan pertama kali secara umum.
b. Fotografi dengan kecepatan tinggi ditemukan oleh Edweard Maybridge. Ø
Tahun 1899. Dipergunakan sistem penyimpanan dalam Tape (pita) Magnetis yang
pertama. Ø
Tahun 1923. Zvorkyn menciptakan tabung TV yang pertama. Ø
Tahun 1940. Dimulainya pengembangan Ilmu Pengetahuan dalam bidang Informasi
pada masa Perang Dunia 2 yang dipergunakan untuk kepentingan pengiriman dan
penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape. Ø
Tahun 1945. Vannevar Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan
Hypertext. Ø
Tahun 1946. Komputer digital pertama didunia ENIAC I dikembangkan. Ø
Tahun 1948. Para peneliti di Bell Telephone mengembangkan Transistor. Ø
Tahun 1950’an. a. Jean Hoerni mengembangkan transistor Planar. Teknologi ini
memungkinkan pengembangan jutaan bahkan milyaran transistor dimasukan kedalam
sebuah keping kecil kristal silikon. b. USSR (Rusia pada saat itu) meluncurkan
sputnik sebagai satelit bumi buatan yang pertama yang bertugas sebagai
mata-mata. Sebagai balasannya Amerika membentuk Advance Research Projects
Agency (ARPA) dibawah kewenangan Departemen Pertahanan Amerika untuk
mengembangkan ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi dalam bidang Militer. Ø
Tahun 1962. Rand Paul Barand, dari perusahaan RAND, ditugaskan untuk mengembangkan
suatu sistem jaringan desentralisasi yang mampu mengendalikan sistem pemboman
dan peluncuran peluru kendali dalam perang Nuklir. Ø
Tahun 1969. Sistem jaringan yang pertama dibentuk dengan menghubungkan 4 nodes
(titik), antara University of California, SRI (Stanford), University California
of Santa Barbara, dan University of Utah.dengan kekuatan 50Kbps. Ø
Tahun 1972. Ray Tomlinson menciptakan program e-mail yang pertama. Ø
Tahun 1973 – 1990. Istilah INTERNET diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai
TCP/IP kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian
difkenal dengan nama TCP/IP yang dikembangkan oleh grup dari DARPA, 1981
National Science Foundation mengembangkan Backbone yang disebut CSNET dengan
kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan. kemudian pada
tahun 1986 IETF mengembangkan sebuah Server yang berfungsi sebagai alat
koordinasi diantara; DARPA, ARPANET, DDN dan Internet Gateway. Ø
Tahun 1991- Sekarang. Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika
CERN dalam menanggulangi biaya operasionalnya memungut bayaran dari para
anggotanya. 1992 pembentukan komunitas Internet, dan diperkenalkannya istilah
World Wide Web oleh CERN. 1993, NSF membentuk InterNIC untuk menyediakan jasa
pelayanan Internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database
(oleh AT&T), Jasa Registrasi (oleh Network Solution Inc,), dan jasa
Informasi (oleh General Atomics/CERFnet),1994 pertumbuhan Internet melaju
dengan sangat cepat dan mulai merambah kedalam segala segi kehidupan manusia
dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. 1995, Perusahaan
umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di Backbone,
langkah ini memulai pengembangan Teknologi Informasi khususnya Internet dan penelitian-penelitian
untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.
- Kegunaan Teknologi
Informasi Dalam pengembangan teknologi hardware cenderung mengupayakan ukuran
yang semakin kecil dengan kapasitas kualitas tinggi namun harganya diusahakan relatif
semakin murah. Perkembangan yang semakin membaik ini diharapkan dapat
meningkatkan kinerja produktivitas suatu individu atau kelompok yaitu dengan
pelaksanaannya yang cepat, tepat, akurat, dan efisien. Dari pekembangan
teknologi sampai saat ini telah memunculkan berbagai jenis kegitaan di banyak
bidang yang berbasis pada teknologi elektronika, seperti pada bidang pendidikan
(e-education), bidang pemerintahan (e-government), perbankan (e-banking),
komersil (e-commerce), kesehatan (e-medicine), dan masih banyak lagi. Manfaat
perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan (e-education)
1. Teknologi berfungsi
sebagai alat (tools) Dalam hal ini teknologi informasi digunakan sebagai alat
bantu bagi pengguna (user) atau siswa untuk membantu pembelajaran, misalnya
dalam mengolah kata, mengolah angka, membuat unsur grafis, membuat database,
membuat program administratif untuk siswa, guru dan staf, data kepegawaian,
keuangan dan sebagainya.
2. Teknologi berfungsi
sebagai ilmu pengetahuan (science) Dalam hal ini teknologi sebagai bagian dari
disiplin ilmu yang harus dikuasai oleh siswa. Misalnya teknologi komputer
dipelajari oleh beberapa jurusan di perguruan tinggi seperti informatika,
manajemen informasi, dan ilmu komputer.
3. Teknologi berfungsi
sebagai bahan dan alat bantu untuk pembelajaran (literacy) Dalam hal ini
teknologi dimaknai sebagai bahan pembelajaran sekaligus sebagai alat bantu
untuk menguasai sebuah kompetensi berbantuan komputer. Dalam hal ini komputer
telah diprogram sedemikian rupa sehingga siswa dibimbing secara bertahap dengan
menggunakan prinsip pembelajaran tuntas untuk menguasai kompetensi. dalam hal
ini posisi teknologi tidak ubahnya sebagai guru yang berfungsi sebagai :
fasilitator, motivator, transmiter, dan evaluator.
Manfaat perkembangan teknologi informasi dalam
bidang pemerintahan (e-goverment)
1. Pelayanan servis
yang lebih baik kepada masyarakat Informasi dapat disediakan 24 jam tanpa harus
menunggu dibukanya kantor. Informasi dapat dicari dari kantor, rumah, tanpa
harus secara fisik datang ke kantor pemerintahan.
2. Peningkatan hubungan
antara pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum Adanya keterbukaan
(transparansi) maka diharapkan hubungan antara berbagai pihak menjadi lebih
baik. Keterbukaan ini menghilangkan saling curiga dan kekesalan dari semua
pihak.
3. Pemberdayaan
masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh Dengan adanya informasi yang
mencukupi, masyarakat akan belajar untuk dapat menentukan pilihannya.
4. Pelaksanaan
pemerintahan yang lebih efisien Sebagai contoh, koordinasi pemerintahan dapat
dilakukan melalui e-mail atau bahkan video conference. Bagi Indonesia yang luas
areanya sangat besar, hal ini sangat membantu. Tanya jawab, koordinasi, diskusi
antara pimpinan daerah dapat dilakukan tanpa kesemuanya harus berada pada
lokasi fisik yang sama. Tidak lagi semua harus terbang ke Jakarta untuk
pertemuan yang hanya berlangsung satu atau dua jam saja.
Manfaat perkembangan
teknologi informasi dalam bidang perbankan (e-banking)
1. Sarana transaksi keuangan
secara online Sebagai contoh, seorang nasabah dapat menarik uang dimanapun dia
berada selama masih ada layanan ATM dari bank tersebut, atau seorang nasabah
dapat mengecek saldo dan mentransfer uang tersebut ke rekening yang lain hanya
dalam hitungan menit saja, semua transaksi dapat dilakukan.
2. Perluasan cakupan
usaha dengan membuka cabang-cabang di daerah, serta pertukaran informasi antara
sesama perusahaan asuransi, broker, industri perbankan, serta lembaga
pembiayaan lainnya.
- Dampak Perkembangan
Teknologi Informasi Teknologi informasi berkembang sangat cepat seiring dengan
perkembangan zaman. Kehidupan manusia tidak luput dari penggunaan teknologi
informasi dan komunikasi. Dampak perkembangan teknologi sangat signifikan,
masyarakat sudah tergantung dengan teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini
menyebabkan mobilitas informasi sangat cepat, kejadian dari berbagai belahan
dunia bisa kita nikmati secara langsung. Tapi di sisi lain perkembangan
teknologi membawa dampak yang negatif bagi masyarakat yang tidak bisa
memanfaatkannya dengan baik.
§ Dampak positif
teknologi informasi dan komunikasi :
a. Adanya internet
membuka sumber informasi yang tadinya sulit diakses menjadi lebih mudah. Akses
terhadap sumber informasi bukan menjadi masalah lagi.
b. Kemudahan dalam
melakukan pengolahan data dan menyelesaikan perhitungan yang rumit.
c. Masyarakat lebih
mudah memperoleh informasi dalam lingkup luas melalui media-media seperti
radio, TV, internet dan lain sebagainya.
d. Perkembangan TIK
mengembangkan kesempatan dan kesanggupan belajar sendiri tanpa harus memdapat
bimbingan dari guru.
e. Mudah melakukan
komunikasi dengan orang yang tinggal jauh.
f. Hilangnya batasan
ruang dan waktu dengan adanya internet membuka peluang baru untuk melalukan
pekerjaan dari jarak jauh.
g. Sebagai sarana
pengenbangan bisnis, sosial, dan budaya.
§ Dampak negatif
teknologi informasi dan komunikasi :
a. Penggunaan internet
meningkatkan kemungkinan penyebaran virus computer.
b. Adanya program games
di komputer membuat anak-anak lupa waktu karena keasyikan main, dan
menjadikannya ketergantungan.
c. Penggunaan teknologi
informasi dan komunikasi yang berlebihan akan membuat kecendrungan untuk
menutup diri dari pergaulan (antisocial behavior).
d. Terlalu lama di
depan komputer membuat cidera pada otot dan mata menjadi sakit.
BAB
III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Manusia sebagai mahluk
sosial, membutuhkan komunikasi diantara sesamanya dan itu merupakan kebutuhan
yang utama agar dapat melakukan interaksi dengan baik. Perkembangan peradaban
manusia diiringi dengan perkembangan cara penyampaian informasi. Mulai dari
gambar-gambar yang tak bermakna di dinding-dinding gua, peletakkan tonggak
sejarah dalam bentuk prasasti sampai diperkenalkannya dunia arus informasi yang
kemudian dikenal dengan nama internet. Dari pekembangan teknologi sampai saat
ini telah memunculkan berbagai jenis kegitaan di banyak bidang yang berbasis
pada teknologi elektronika, seperti pada bidang pendidikan (e-education),
bidang pemerintahan (e-government), perbankan (e-banking), komersil
(e-commerce), kesehatan (e-medicine), dan masih banyak lagi. Beberapa dampak
positif dan negatif dari perkembangan teknologi informasi dapat kita jadikan
pertimbangan bagaimana kita harus menggunakan informasi sebaik-baiknya,
terutama penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang sedang populer saat
ini seperti internet, hand phone dan televisi. Saran Segala bentuk aplikasi
maupun data dari perkembangan teknologi informasi yang sudah ada semuanya
sangat bermanfaat bagi kita, namun beberapa orang yang tidak dapat memanfaatkan
perkembangan teknologi dengan baik justru akan merugikan dirinya sendiri maupun
orang lain. Jadi ada baiknya segala perkembangan ini kita sikapi dengan
bijaksana, dan melakukan pengawasan untuk orang-orang di sekitar kita agar
tidak menyalahgunakan perkembangan teknologi
DAFTAR
PUSTAKA
Daftar
Pustaka 1. http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi 2. http://itworlds.wordpress.com/2008/05/12/sejarah-teknologi-informasi/
3. http://pusatinfoelektronik.com/6100/dampak-teknologi-informasi/ 4.
http://computers-inc.blogspot.com/2012/03/dampak-teknologi-informasi.html
Komentar
Posting Komentar